Monday, October 21, 2013

Sebuah komitment ...





Saya mengikuti kelas yoga sudah sejak 10 tahun yang lalu yaitu pertama kali diperkenalkan oleh Mr Neraaj Goel , guru yoga dari Indian Cultural Center. Saya mulai mengikuti yoga karena saya merasa saya mulai menderita banyak penyakit dari lutut  yang sering sakit sampai berat badan yang meningkat sampai 75kg , padahal berat badan yang menurut saya pas untuk diri saya adalah sekitar 65 kg . Memang tidak langsing sih tetapi nyaman rasanya.

Seperti biasa semua orang tahu betapa sulitnya berkomitment kepada diri sendiri ...sering saya tidak dapat mengikuti kelas yoga karena dengan alasan macet ataupun pekerjaan yang tidak bisa saya tinggalkan pada tepat jam setengah lima sore. Jadi ahirnya hasil dari kelas yoga tersebut tidak maksimal.

Tetapi saya sudah mulai mengetahui bahwa saya menyenangi yoga dan tubuh saya juga "menyenangi" gerakan2 yoga. Walapun kelas yoga tsb kurang maksimal tetapi saya sudah mendapatkan sedikit manfaatnya salah satunya saya mulai bisa melatih diri apa yang namanya relaksasi. Dan beberapa gerakan saya bisa kerjakan dirumah walaupun dengan pengetahuan yang terbatas.

Karena saya masih tertarik dengan gerakan2 yoga , saya rajin membeli CD dan juga saya mempelajari gerakan yoga dari youtube., tapi itu kan hanya untuk pengobat rindu saja . Saat itu sangat sulit saya mencari waktu untuk melanjutkan kelas yoga karena beban pekerjaan yang berat , setiap hari saya pulang kantor jam 8 malam. Pastinya kelas2 yoga sudah berahir . Tetapi saya tetap menyimpan mimpi saya bahwa saya akan  mendapatkan kelas yoga yang cocok waktunya dengan kesibukan kerja saya. Saya menunggu terus sampai ahirnya tiba saatnya saya mamasuki usia pensiun dan pada th 2008 saya totally berhenti kerja dari kantor dan saya mempunyai jabatan baru yaitu "pensiunan".

Buat saya saat itu saya nanti2kan karena saya bisa mewujudkan semua keinginan yang pada saat bekerja tidak bisa saua lakukan.

Suatu saat saya berbincang2 dengan keponakan saya dan dia mengatakan bahwa dia baru saja pulang dari mengikuti kelas yoga bikram di Kemang. Dan dia bilang itu yoga di ruangan panas 42@C, dan hasilnya memang bagus banget , badan jadi segar dan lain2 lagi ceritanya yang membuat saya teringat dengan komitment saya sebelumnya bahwa saya akan menjadikan "yoga sebagai gaya hidup".

Langsung saya menghubungi bikram yoga Kemang yang waktu itu masih digedung sebelahnya Mc Donald ( lupa namanya ) ... langsung mendaftar dan besoknya ikut kelas pertama . Waktu itu saya diingatkan oleh mb Henny (pegawai bikram yoga) agar saya pelan2 dulu dan jangan memaksakan diri karena ini pertamakalinya saya melakukan gerakan yoga diruang panas. Tetapi ...ajaibnya kelas pertama saya lalui dengan lancar walaupun gerakannya bingung tetapi saya bisa bertahan didalam kelas dari awal sampai waktu habis. Senang sekalai rasanya..... terpacu semangat saya ....

Usai kelas ..sesampai dirumah saya belum merasakan perubahan yang saya rasakan ( maksudnya perubahan karena 1 1/2 jam diruang panas) ..cuma pada waktu sore harinya badan sudah mulai pegel2 dan ngilu2 ....tetapi karena saya masih penasaran saya datang lagi keesokan harinya ...dan masih bisa bertahan diruang panas sampai kira 2 minggu dan saya mulai merasa nyaman melakukan gerakan yoga bikram.

 Saya tidak punya espektasi apapun kecuali saya bisa rutin datang dan hasilnya akan mengikuti kalau saya rajin. Tetapi keadaan darurat muncul pada waktu saya terkena sakit flu cikungunya ... saya betul2 kalah dengan penyakit ini ...badan panas, ngilu2 dan lemas tidak ada tenaga. Dan menurut dokter penyakit ini tidak ada obatnya ..nanti virus akan hilang sendiri setelah 1 minggu . Memang betul setelah 1 minggu panas turun dan kembali normal ..hanya kaki saya serasa lumpuh tidak mampu digerakkan ..apalagi kalau dari duduk mau berdiri ..susah sekali dan sakit. Hal ini berlangsung sampai 2 bulan lamanya .

Tetapi setelah kesehata pulih  saya muncul dikelas bikram yoga dan membuat mbak Henny tertkejut dikiranya saya tidak kembali berlatih lagi. Tetapi tekad saya sudah bulat , saya akan mengikuti kelas yoga ini sampai maksimal karena ini adalah mimpi yang harus menjadi kenyataan . Satu lagi yang membantu saya adalah bahwa saya punya seorang supir supir yang mengantar setiap hari , jadi yang saya perlukan adalah kekuatan komitment saya .

Waktu berjalan terus ...dan oh ya lupa  , saya ingin cerita disini bahwa gerkan yoga semua susah buat saya karena memang gerakannya kuat , dan untuk usia saya yang menjapai 56th pada waktu mulai sangat sulit saya ikuti , badan terasa kaku, tetapi saya tetap berjalan degnan kemampuan saya ...datang ...latihan ..pulang saya rasakan hasilnya ..dan kemudian datang ..latihan dan lama2 saya merasa cocok dan tubuh saya semakin ada perubahan yang menggembirakan.

Gejala positive yang saya rasakan adalah bahwa tubuh saya semakin padat, berat badan terkontrol mulai turun ke angka 68kg (dari 75kg) , lebih tegap, lutut jarang sekali sakit, kulit muka menjadi lebih bersih dan saya banyak mampu minum air putih 2 liter sehari . Sebuah prestasi buat saya.

Tetapi ada satu hal yang masih merisaukan saya bahwa suami saya belum mau mengikuti kelas hot yoga ini karena alasan dia tidak sanggup untuk yoga diruangan panas.  Sampai suatu suami teringat bahwa dia pernah pergi mengunjungi tempat  yoga yaitu Pusat Yoga  Ananda Marga yang terletak di Tanjung Duren.dan dia langsung bergabung disana ...dan sepulangnya dari kelas pertama dia banyak sharing tentang komunitas indan suasana serta gerakan2 yoga dari Ananda Marga.

Singkat cerita saya bergabung juga dengan kelas yoga ini bersama suami dihari sabtu dan minggu dan ternyata dengan cepat terlihat hasil kita berdua latihan di komunitas ini . Kami banyak mendapatkan pencerahan mengenai cara hidup sehat, cara makan sehat dan cara meditasi. Banyak juga kami mendapatkan pelajaran mengenai kehidupan yang dibawakan oleh pendeta yoga dari Ananda Marga.

Saat ini saya mengikuti hot bikram yoga 2 - 3 x seminggu dan 2 x ikut kelas yoga Ananda Marga ,dan itu bisa berjalan beriringan dan kami sepakat bahwa cara makan gaya komunitas yoga kami terapkan dirumah dan kami dengan tekun juga setia melakukan latihan2 yoga dirumah.

Kesehatan kami berdua terjaga dan yoga telah merubah suasana rumah tangga kami menjadi tenang, tenteram dan sehat.

Berkat sebuah komitment ...yoga telah menjadi bagain dalam hidup sehari2  dan kami menjadikan "YOGA  SEBAGAI GAYA HIDUP"

Salam yoga


No comments:

Post a Comment