Wednesday, October 16, 2013

Ikatan batin yang luar biasa ....





Ikatan batin antara dua manusia bisa terjadi terhadap siapa saja misalnya antara saya dan teman, saya dan ibu , saya dan adik atau kakak atau saya dan anak2, saya dan suami ...banyak sekali ikatan batin antara dua manusia atau lebih.

Ini adalah cerita mengenai persahabatab ibu , ayah dan si mbok saya , yang telkah mengikuti keluarga kami dari muda sampai ahir hayatnya .

 Dari kecil saya punya seorang pembantu yang saya panggil si mbok , saking deketnya dengan saya dan saudara2 saya , dia itu seolah2 seperti nenek saya karena biasanya pada jaman dulu pembantu itu ikut satu keluarga sampai si pembantu tua dan meninggal.

Si mbok ini ikut keluarga ibu dan ayah saja sejak dia punya anak kecil2 dan dicerai oleh suaminya . Kemudian si mbok mengikuti keluarga saya dan ayah ibu saya memjadikan si mbok bagian dari keluarga , anak2nya disekolahkan seperti kami semua . Sampai anak2nya lulus sekolah, menjadi pegawai negeri, sampai bercucu dan sampai meninggal.

Hubungan simbok dengan ibu saya sangat dekat , karena segala suka , duka ibu saya si mbok yang tahu. Ibuku akan menangis dipundak si mbok saya apabila ayahku marah2 ...ibuku akan tertawa2 berdua apabila ada kabar gembira dari kami anak2nya ...dari kecil kami sudah biasa melihat hubungan erat antara ibuku dan si mbok ini.

Sampai suatu saat ibuku sakit dan beliau meninggal dunia bulan December., 6 bulan kemudian disusul si mbok saya , dan 5 bulan kemudian disusul ayah saya . Jadi dalam 1 tahun berjalan ketiga orang yang bersahabat iru meninggalkan kami semua . Ternyata persahabatan antara ayah, ibu dan simbokku terjalin sampai achir hayatnya. Begitulah kami anak2nya menyaksikan persahabatan yang tulus, sederhana dan indah.


Jadi menurut saya ikatan batin bisa antara dua orang yang berbeda status, tingkat kekayaan maupun berbeda usia ....dan itu menjadi pelajaran berharga buat kami anak2nya ...sehingga sampai saya berumahtanggan saya menjalin ikatan yang sangat baik dengan asisten rumah tangga  saya ....dan saya menularkan hal ini kepada anak2 saya ...sungguh pelajaran berharga dalam kehidupan kami.

Semoga tulisan ini bermanfaat ....


No comments:

Post a Comment